Nyeri Perut Saat Berolahraga Lari dan Cara Mengatasinya

Posted by Arif 21/10/2021 0 Comment(s)
Saat sedang asyik berolahraga, resiko cedera seringkali hadir tanpa kita sadari baik karena faktor external atau faktor internal. Pastinya kondisi tersebut membuat kita tidak nyaman dan ingin berhenti berolahraga. 
 
Salah satu kondisi sakit yang sering muncul saat berolahraga lari adalah nyeri perut! Pernahkan Anda mengalami nyeri perut saat berolahraga lari? Dan sudah tau apa yang harus dilakukan untuk mengatasi nyeri perut tersebut? Simak penjelasan berikut ini!
 
Dikutip dari KlikDokter, secara umum terdapat dua penyebab sakit perut saat berlari yaitu: Sakit perut samping dan sakit perut tengah.
Penjelasan detailnya sebagai berikut:
 

1. Sakit perut samping

Sakit perut samping (side stitch) merupakan sakit perut yang lazim terjadi saat berlari dan biasanya terjadi pada perut kanan. Tidak hanya pada pelari awam, pelari terlatih pun masih dapat mengalami sakit perut samping saat berlari.
 
Penyebab utama nyeri perut bagian samping saat berlari adalah perenggangan dari jarigan ikat yang terdapat dalam perut. Selain itu, gangguan elektrolit dalam darah juga dapat menyebabkan nyeri perut samping pada pelari.
 

2. Sakit perut bagian tengah

Selain perut samping, sakit perut bagian tengah juga dapat terjadi pada pelari. Nyeri perut bagian tengah ini biasanya terjadi akibat pola napas yang salah. Pola napas selama berlari sebaiknya mengikuti ritme lari untuk mengurangi risiko kram pada perut.
 
Kondisi sakit perut pada saat berlari seringkali disebabkan karena makan terlalu banyaksebelum lari. Kondisi ini akan meningkatkan kemungkinan Anda mengalami sakit perut selama berlari akibat perenggangan lambung. 
 
Catat point penting ini! 
Kondisi tubuh saat berlari, memaksa sebagian besar darah akan menuju otot, sehingga darah yang menuju saluran pencernaan untuk mencerna makanan akan berkurang. Hal ini akan berakibatnya munculnya gangguan pencernaan. Dalam kondisi tersebut Anda akan lebih mudah kembung dan sakit perut selama berlari.
 

Cara mencegah nyeri perut saat berlari

Hal pertama dan termudah yang bisa dilakukan adalah dengan pemanasan sebelum memulai lari. Pemanasan yang benar tidak hanya meliputi otot-otot kaki saja, namun juga meliputi area tubuh lain seperti perut, sehingga otot-otot perut serta jaringan ikat dalam perut dapat meregang sebelum berlari.
 
Lalu tips selanjutnya adalah dengan mengatur pernapasan dengan baik. Atur pernafasan Andan dengan cara tarik napas dalam beberapa kali sebelum berlari. Selama berlari atur pola napas Anda, kemudian letakkan tangan pada bagian perut. Rasakan naik dan turunnya perut saat Anda mengatur napas selama berlari.
 
Pastikan hindari banyak makan dan minum sesaat sebelum berlari. Bilapun harus makan berat, sebaiknya dilakukan paling cepat 2 jam sebelum berlari, sehingga saat berlari lambung Anda sudah kosong kembali dan mampu bekerja dengan baik selama berolahraga
 

Mengatasi keram perut selama berlari

Jika terlanjur mengalami nyeri perut samping saat berlari, hal pokok yang harus Anda lakukan adalah dengan menurunkan kecepatan lari hingga berjalan. Lalu, lakukan pernapasan dalam, saat berjalan selama 5 menit. 
Kemudian, cobalah untuk mengeluarkan udara dari dalam lambung dengan bersendawa untuk mengurangi rasa sakit perut akibat gas dalam lambung.
 
Istirahatlah dan minum yang cukup, untuk mengembalikan keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh Anda.
Itulah sekilas tentang nyeri perut selama berlari dan cara mengatasi nyeri perut ketika berlari. Semoga kondisi diatas tidak terjadi pada Anda dan ikuti tips lari agar tidak cepat lelah berikut ini. Jangan lupa, untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan olahraga lari Anda, kunjungi store online kami di larilari.id. Happy running!

Leave a Comment