Catat! Ini Tanda Tubuh yang Sudah Kelebihan Olahraga

Posted by Arif 26/10/2021 0 Comment(s)
Olahraga menjadi aktifitas yang menyehatkan dan juga menjadi lifestyle bagi sebagian orang. Banyak sekali manfaat berolahraga secara rutin, mulai dari mengurangi berat badan hingga menunjang stamina tubuh secara umum. Namun, adakalanya olahraga juga menjadi "bencana" bila dilakukan secara berlebihan atau salah aturan.
 
Ya, olahraga berlebih dapat memicu beberapa masalah kesehatan dan cedera fisik. Sebelum Anda mengalami masalah ini, sebagainya mengetahui tanda - tanda kelebihan olahraga yang terlihat pada tubuh Anda

 

1. Membutuhkan waktu istirahat yang lebih lama.

Ketika Anda membutuhkan waktu recovery dan istirahat yang lebih lama dari biasanya, hal ini patut dicermati. Bisa jadi porsi olahraga Anda telah mencapai titik tertinggi dan harus segera kembali ke porsi olahraga sebelumnya. Efek terlalu capek yang berakibat pada bertambahnya waktu istirahat bukan sesuatu yang ideal dalam dunia kesehatan.

 

2. Nyeri otot atau anggota tubuh terasa berat.

Tanda kedua yang paling mudah dirasakan tubuh bila olahraga berlebihan adalah adanya cedera, baik itu nyeri pada otot atau ada anggota tubuh terasa aneh dan berat saat setelah beraktifitas olahraga. Pahami hal ini, bila tubuh merasa kurang fit dan berat setelah olahraga - yakinlah bahwa Anda sudah berlebihan dalam berolahraga.

 

3. Kehilangan berat secara drastis

Memang ada salah satu tujuan berolah raga untuk mengurangi berat badan, namun bila Anda mengalami penurunan berat badan secara drastis - waspada! Ada kesalah dalam cara Anda berolahraga. Aktifitas  berlebihan saat olah raga rentan dalam mengurangi berat badan secara significan dan berpotensi akan mempengaruhi kesehatan secara umum.

 

4. Mood berubah menjadi lebih buruk

Berolahraga seharusnya bisa membuat mood kita menjadi lebih baik. Tapi, bila yang terjadi sebaliknya - mood menjadi jelek setelah berolahraga - pasti ada sesuatu yang salah dari cara berolahraga. Rasa capek yang berlebihan dan rasa sakit dari cedera yang dialami bisa menjadi faktor pemicu yang menyebabkan mood bisa berubah. Tetap hati-hati, meskipun tidak ada cedera parah namun suasana hati berubah menjadi jelek setelah berolah raga, misalnya mudah tersinggung atau muncul rasa cemas yang berlebih. Itu tandanya tubuh kita sudah kelebihan olahraga.

 

5. Depresi

Kok bisa berolahraga menjadi depresi? Adalah suatu hal yang sangat aneh bila seseorang menjadi depresi karena olahraga. Kita harusnya menjadi lebih termotivasi setelah berolahraga, bukannya menjadi depresi.
Ada saat dimana orang akan berubah secara psikis bahkan depresi bila mengalami kelelahan yang sangat dan ada cedera parah yang menyebabkan hidup berubah.
 
Misal contoh, seorang atlet yang mengalami karena cedera parah dan terganggu prestasinya rawan menjadi depresi. Dan, hal pertama yang menyebabkan hal tersebut bisa jadi dari aktifitas olahraga berlebih atau overtraining. Meski bukan contoh yang mutlak, olahraga yang dilakukan dengan cara yang salah atau overtraining juga berpotensi membuat orang depresi
 
Itulah 5 tanda tubuh mengalami kelebihan olahraga yang harus kita hindari. Berolahraga lah yang seperlunya dan didampingi teman yang lebih senior untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menghindari kesalahan.
 
Jangan lupa, kunjungi larilari.idbila Anda membutuhkan perlengkapan olahraga lari dan sepeda atau sedang mencari nutrisi olahraga yang diperlukan untuk menunjang prestasi dan kesehatan Anda.

Leave a Comment