Manfaat Jersey Sepeda yang Perlu Diketahui

Posted by larilari 15/11/2020 0 Comment(s)

By: Arako

 

Banyak pesepeda berpikir bahwa mengenakan jersey bersepeda hanya dibutuhkan oleh para profesional atau atlet yang benar-benar menekuni sepeda dengan sangat serius.

Beberapa yang lain merasa tidak nyaman karena mengenakan jersey yang dikenakan terlalu ketat dan mengikuti lekuk badan. Terlebih dengan pilihan warna mencolok yang tidak sesuai selera, semakin membuat enggan untuk mengenakan.

 

Meski demikian, seperti halnya pakaian untuk olahraga lain, jersey sepeda dimaksudkan untuk memaksimalkan performa dari pesepeda. Walau terkesan jenis olahraga sederhana, faktanya sepeda menyimpan banyak kajian teknis yang bisa meningkatkan kemampuan serta kecepatan bersepeda, dan mengenakan jersey adalah salah satu caranya.

 

Manfaat Mengenakan Jersey Sepeda

 

Di samping urusan fashion, berikut manfaat Jersey sepeda yang perlu kalian tahu :

 

  1. Kecepatan dan Aerodimanis

“You never have the wind with you – either it is against you or you’re having a good day, "

Daniel Behrman – penulis The Man Who Loved Bicycles.

 

Angin memang selalu menjadi lawan saat kita bersepeda. Udara membuat laju kita terhambat dan salah satu cara efektif untuk mengurangi hambatan udaranya adalah lewat pakaian. Hal ini serupa dengan pakaian renang yang berfungsi mengurangi laju hambatan dalam air.

 

Berkurangnya hambatan berarti tenaga yang dikeluarkan menjadi lebih efisien. Dengan aerodinamis yang ikut meningkatkan, Jersey sepeda memungkinkan kita bersepeda lebih cepat dan lebih jauh.

 

  1. Berkeringat Lebih Nyaman

 

Tidak seperti kaos lain yang umumnya berbahan katun, kebanyakan Jersey sepeda dibuat dari bahan polyster. Jika menggunakan kaos katun biasa, saat berkeringat biasanya kaos akan basah. Hal ini membuat badan merasa tidak nyaman karena lembap. Selain jelas bukan kondisi ideal untuk bersepeda, mengenakan kaos yang basah oleh keringat bisa menyebabkan iritasi kulit dan menimbulkan bau badan tidak sedap.

 

Sementara jersey sepeda yang berbahan polyster telah dirancang khusus sedemikian rupa untuk kenyamanan pesepeda. Bahan polyster mempunyai pori yang mampu mengalirkan udara dan panas keluar. Sehingga ketika pesepeda berkeringat, keringat akan diserap namun langsung dialirkan ke bagian luar jersey. Setelah itu, keringat maupun panas akan otomatis menguap di luar. Hal ini menimbulkan sensasi sejuk, kering dan nyaman di tubuh.

 

  1. Mengurangi potensi kecelakaan

Mengenakan jersey sepeda yang didesain khusus akan menghindari risiko tersangkutnya pakaian pada benda-benda tertentu seperti tiang, ranting atau cabang pohon, maupun pengendara lain. Risiko tersangkut itu umumnya dialami pesepeda yang mengenakan pakaian biasa yang daripada mudah berkibar.

 

  1. Tempat penyimpanan darurat

Saat bersepeda, membawa tas kadang menjadi sebuah kerepotan tersendiri. Selain lupa menaruh atau hilang, membawa tas saat gowes kadang juga mengundang pelaku kejahatan beraksi, terutama yang memilih bersepeda di jalur sepi di kawasan perkotaan.

 

Kantong yang umumnya sudah terjahit pada Jersey bisa menjadi solusi praktis kalian membawa barang-barang yang tentu saja ukurannya tidak terlalu besar. Sesuaikan ukuran kantung pada Jersey kalian.

 

 

 

Memilih Jersey Sepeda

 

Untuk memilih Jersey, faktor utama tentunya adalah kenyamanan bagi pesepeda itu sendiri. Meski demikian sejumlah hal berikut bisa menjadi pertimbangan, yakni :

 

  1. Bahan jersey

Ada beberapa jenis bahan jersey sepeda yang biasa kita temui di berbagai produk antara lain wool, nyilon, dan polyster.

 

Bahan wool jarang dijual di Indonesia karena umumnya hanya di pakai saat musim dingin atau jika bersepeda di suhu cuaca di bawah 15 derajat celcius. Bahan ini selain hangat dan menyimpan panas umumnya mengandung bahan anti-bakteri yang membuat pakaian tidak bau.

 

Jersey berbahan nilon umumnya kuat. Bisa merenggang mengikuti bentuk tubuh dan sebagian besar dibuat tahan air. Meski demikian, jersey berbahan nilon bisa menyusut jika salah mencuci. Selain itu, sering muncul jamur yang sulit dihilangkan.

 

Jersey yang paling tepat untuk dipakai di Indonesia yang cuacanya cenderung panas adalah yang berbahan polyster. Harganya relatif terjangkau untuk bahan yang mampu membantu menstabilkan suhu tubuh dan anti-jamur.

 

  1. Bentuk dan Ukuran Jersey

Bentuk Jersey terbaik adalah yang fit di badan. Semakin fit Jersey yang dikenakan, semakin sedikit pula hambatan angin yang akan dapatkan selama bersepeda.

 

Hindari Jersey yang terlalu longgar atau kebesaran karena hanya akan menghabiskan energi dan memperlambat laju bersepeda.

 

Selain itu, pastikan jersey memiliki ukuran cukup panjang terutama di bagian belakang. Tentunya kita tidak mau disibukkan dengan menarik Jersey ke bawah saat melaju,bukan?   Desain Jersey sepeda yang baik umumnya memiliki bagian belakang lebih panjang  untuk perlindungan yang maksimal ketika kita membungkuk di sepeda.

 

Panjang lengan juga harus dipertimbangkan dalam memilih jersey. Lengan panjang akan cocok dipakai di suhu dingin, atau melindungi dari matahari yang membuat kulit belang. Namun lengan pendek akan membuat gerakan pesepeda lebih fleksibel. Jika memilih jersey berlengan pendek, sebaiknya tambahkan penutup lengan.

 

  1. Ritsleting dan Kantong

Kerap diabaikan, namun pastikan jersey pilihanmu punya kantong dan zipper/ritsleting. Fungsi kantong sudah disinggung di atas, yakni sebagai tempat penyimpanan darurat.

Sementara ritsleting menjadi fitur wajib karena menjadi semacam ventilasi yang dibutuhkan pesepeda untuk membantu mengatur suhu tubuh. Ritsleting yang baik akan mudah dinaikkan dan diturunkan, sehingga pesepeda bisa cepat mengantisipasi saat tubuh butuh dipanaskan atau didinginkan.

 

  1. Warna

Meski tak ada aturan ketat terkait pemilihan warna, pemilihan Jersey dengan warnah-warna cerah lebih disarankan karena cenderung aman. Pesepeda akan lebih mencolok dan mudah dilihat.

Namun jika lebih menyukai warna-warna gelap, pastikan lampu dan reflektor sepeda terpasang baik ya.

 

 

Saat ini ada banyak produk jersey sepeda dari berbagai belahan dunia yang bisa dipilih. Untuk yang gemar road bike, ada banyak pilihan jersey sepeda keren keluaran Santic. Kualitas standar internasional merk Santic sudah tidak perlu diragukan lagi, karena dipakai salah satu tim balap sepeda tim Wanty untuk mengikuti Le Tour de France 2019 lalu.

 

Menggunakan bahan 100% polyster, Jersey Santic menjanjikan kenyaman bagi para pesepeda, dalam negeri. Dengan warna-warna menarik plus elastisitas yang menyesuaikan bentuk tubuh, Santic akan membuat hati-hari gowesmu lebih bersemangat.

 

Santic jersey lengkap dengan gloves-nya untuk perlindungan maksimal bisa kalian temukan di larilari.id store.

 

Atau, kalian sudah punya merk jersey favorit sendiri? Apapun itu, tetap gunakan gear memadai untuk aktivitas gowesmu ya?!

Leave a Comment