Jangan Sepelekan Peran Kaos Kaki

Posted by larilari 01/12/2020 0 Comment(s)

By : Arako

 

Kaki adalah aset bagi setiap pelari yang harus dilindungi. Baik sepatu maupun kaos kaki sebetulnya memiliki peran sama penting untuk perlindungan kaki. Meski demikian, kebanyakan pelari hanya mengutamakan sepatu dan menganggap remeh kaos kaki. Tak sedikit pelari yang siap mengeluarkan budget berlebih untuk sepatu lari terbaik, namun hanya menyiapkan seadanya untuk kaos kaki.

 

Kaos kaki memang mudah ditemui dimana pun. Namun sama seperti perlengkapan olahraga lainnya, untuk lari sebaiknya mengenakan kaos kaki yang didesain khusus untuk berolahraga. Jangan gunakan kaos kaki biasa yang digunakan untuk sehari-hari karena baik bahan maupun teknologi pembuatannya berbeda.

 

Kaus kaki non-sport tidak didesain untuk menjaga gesekan saat digunakan dengan intensitas tinggi seperti saat berlari. Mengenakan kaus kaki yang tidak memadai bisa menyebabkan gesekan yang hebat sehingga membuat kulit lecet atau bahkan muncul cairan-cairan akibat panas yang dihasilkan karena gesekan.

 

Selain itu, salah memilih kaos kaki bisa membuat kaki licin dan tergelincir yang malah menimbulkan cedera serius. Agar hal ini tidak terjadi, pelari perlu memperhatikan hal-hal berikut sebelum memilih kaos kaki :

 

 

  1. Hindari Bahan Katun

 

Katun memang nyaman jika dipakai untuk bahan baju yang dikenakan sehari-hari karena menyerap keringat. Namun untuk kaos kaki lari, bahan katun akan membuat kaki tidak nyaman karena menyebabkan kaki lecet oleh gesekannya.

 

Pilihlah bahan-bahan yang mampu membuat kaki mudah bernapas dan menguapkan kelembapan. Misalnya dari serat sintetis seperti nilon dan polyster atau bahan campuran wool. Selain cepat kering, kaos kaki dengan bahan campuran wool secara alami akan melenyapkan bau tidak sedap secara alami.

 

  1. Bantalan yang sedang-sedang saja

 

Kaos kaki berfungsi menghindari gesekan langsung antara sepatu dan kulit. Bantalan di dalamnya memberikan perlindungan bagi kaki dari benturan karena gerakan lari.

 

Dari berbagai produk, terdapat bermacam bantalan kaos kaki lari mulai yang tebal maupun yang tipis. Yang tebal meskipun terasa empuk dan membuat kaki lebih terlindungi, umumnya menimbulkan sensasi sesak pada sepatu sehingga membuat tidak nyaman saat berlari.

 

Namun jika bantalan terlalu tipis, risiko lecet pada kaki semakin besar karena kurang terlindung. Maka dari itu, sebaiknya pilih bantalan yang sedang-sedang saja. Tidak terlalu tebal juga tidak terlalu tipis sehingga membuat kaki terasa nyaman.

 

  1. Bentuk dan Model Jahitan

Kaos kaki lari terbaik adalah yang tidak memiliki jahitan di bagian depan karena bisa mengurangi lecet. Selain itu, pilih yang terasa cukup ketat di bagian tengah dan tumit, namun longgar di bagian depan kaki. Hal ini untuk menjaga kaos kaki tetap di tempatnya dan tidak bergeser saat lari.

 

  1. Ketinggian Kaos Kaki

Ketinggian kaos kaki harus disesuaikan dengan perlindungan yang dibutuhkan. Makin tinggi kaos kaki, makin banyak pula bagian kaki yang terlindungi. Mau yang rendah atau yang tinggi mencapai lutut, semuanya tergantung kebutuhanmu.

 

Ada jenis kaos kaki yang ketinggiannya tidak terlihat saat memakai sepatu (no show). Umumnya jenis ini punya semacam pelindung di bagian tumit untuk mencegah lecet.

 

Kaos kaki yang lebih tinggi biasanya jadi pilihan untuk lari di cuaca dingin. Namun apapun pilihan dan seleramu, baik kaos kaki yang tidak terlihat, beberapa centi saja dari mata kaki, atau yang tinggi mencapai lutut, sesuaikan dengan selera dan kebutuhanmu saja.

 

 

  1. Fitur tambahan

Selain hal-hal yang sudah disebut di atas, ada beberapa fitur tambahan pada kaos kaki lari yang sifatnya opsional. Misalnya, kaos kaki lari yang dibuat khusus untuk membedakan sisi kiri dan kanan. Ini bisa memberikan tambahan rasa pas (fit) dan kenyamanan. Ada juga yang berwarna terang dan dilengkapi material reflektif untuk membuatmu mudah dilihat saat lari malam.

 

 

Setiap jenis kaos kaki yang dipilih akan memengaruhi kenyamanan, keamanan, dan performa ketika berolahraga. Dengan memperhatikan poin-poin di atas, kaki kalian akan terlindungi. Kaki yang tetap kering dan bernafas dengan baik akan terhindar dari bau yang tidak sedap.

 

Salah satu brand kaos kaki olahraga yang layak dipertimbangkan adalah Injinji. Produk-produk kaos kaki olahraga Injinji menjanjikan kenyaman dengan tetap mengedepankan fungsi.

 

Tak peduli sejauh dan sekeras apapun medannya, kaos kaki Injinji mampu menimbulkan rasa nyaman dan ringan sampai merasa seperti tidak mengenakan kaus kaki.

 

Injinji juga mengeluarkan sejumlah seri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya seri The Women’s Lightweight No-Show sock, yakni seri yang Injinji khusus buat untuk wanita karena bentuk kaki wanita biasanya lebih sempit daripada kaki pria.

 

Masih banyak lagi seri keluaran Injinji dengan berbagai pilihan warna dan model yang sehingga bisa disesuaikan dengan gaya sporty-mu saat berlari. Memang, terlihat stylish memang bukan tujuan utama saat berlari. Tapi jika bisa dilakukan dengan Injinji, mengapa tidak?

 

Jika kamu seorang atlet atau sport enthusiast, sebaiknya punya kaos kaki lebih dari dua pasang. Hal ini untuk menjamin kebersihannya. Sehingga kamu tetap bisa berlari meski sepasang kaos kakimu masih dicuci.

 

 

Ingat selalu, memilih kaos kaki lari yang tepat akan menjaga kakimu tetap sehat. Jangan disepelekan lagi ya?

Leave a Comment